Jadilah Luar Biasa Tahun Ini

JAWABAN.com – Diadaptasi dari buku Better than Good: Creating a Life You Can’t Wait to Live.Anda mungkin berpikir bahwa mencapai hidup yang baik adalah suatu hal yang paling dapat Anda lakukan dalam dunia yang penuh tekanan dan tantangan ini. Tetapi, Anda tidak hanya dapat memiliki suatu kehidupan yang “hanya baik” (merely good). Tuhan ingin memberikan suatu kehidupan yang hebat (great)! Berikut ini adalah cara agar Anda dapat menghidupi hidup dengan penuh.

Temukan Semangat Anda
Pikirkan dan doakan hal apa yang paling penting bagi Anda, dan mengapa hal itu penting. Mintalah Tuhan untuk mengungkapkan mimpi-Nya bagi Anda. Pikirkan kontribusi apa yang dapat Anda berikan bagi dunia demi kehidupan yang lebih baik, tidak hanya bagi diri Anda, tetapi juga bagi orang lain. Sekali Anda menemukan semangat Anda, jagalah hal itu tetap menyala.

Selain itu, investasikan waktu, talenta dan uang Anda secara terus-menerus untuk mengejar hal terpenting itu. Carilah seorang yang telah sukses dalam hal itu dan mintalah orang itu untuk membimbing Anda. Mimpikan apa yang ingin Anda capai. Kemudian, biarkan imajinasi Anda memberi inspirasi sehingga Anda dapat mengembangkan semangat.

Kendalikan stres dengan baik
Jangan biarkan stres mencuri semangat Anda. Tundalah kecemasan karena situasi tertentu sampai Anda memiliki semua fakta mengenai hal itu. Kemudian, gunakan informasi tersebut untuk mengembangkan suatu rencana, sehingga Anda tidak perlu cemas.

Anda juga bisa belajar dari kesalahan. Tetapi, biarkan kesalahan itu hanya ada di masa lalu, sehingga Anda bisa melangkah dengan penuh percaya diri ke masa depan. Hiduplah dengan integritas, sehingga Anda tidak perlu berhadapan dengan tekanan karena perasaan bersalah dan perasaan malu. Jauhi hutang untuk menghindari tekanan keuangan. Jangan takut akan masa depan. Ingat bahwa Tuhan yang penuh kasih dan kuasa lah yang memegang kendali dan percayalah pada-Nya. Kurangi stres dengan tertawa sesering mungkin dan bagikan sukacita itu dengan orang lain.

Awasi Pikiran Anda
Sadari bahwa apa yang Anda pikirkan dapat memberikan pengaruh besar terhadap Anda dan bagaimana Anda di masa depan. Karena itu, putuskan untuk menjadi seorang yang optimis. Selain itu, renungkanlah pikiran-pikiran yang benar, terhormat, murni, menyenangkan, bereputasi baik, sempurna dan layak dipuji.

Sediakan juga waktu secara rutin untuk membaca Alkitab dan buku-buku lain yang dapat memberikan inspirasi. Hindari materi negatif dari media dan dalam percakapan dengan orang lain. Penuhi pikiran Anda dengan pikiran positif, karena hal itu akan membawa pada tindakan positif. Lakukan perilaku yang sehat, misalnya: percaya bahwa Tuhan melakukan segala sesuatu untuk bekerja bersama bagi tujuan yang baik dan berterima kasihlah pada Tuhan atas segala karunia yang telah Ia berikan pada Anda.

Buat Rencana secara Bijak
Serahkan seluruh mimpi Anda kepada Tuhan dan mintalah Dia membimbing setiap langkah Anda. Mintalah Tuhan untuk membantu Anda mengembangkan rencana untuk memenuhi tujuan yang Ia tentukan bagi Anda, namun juga tetaplah fleksibel dalam menyesuaikan rencana tersebut. Jangan menggambarkan hal yang negatif – apa yang tidak ingin Anda lakukan. Sebaliknya, mimpikan hal yang positif – apa yang ingin Anda capai dan seperti apa hidup Anda bila melakukan hal itu.

Sadari bahwa kehidupan lebih merupakan suatu perjalanan daripada suatu tujuan. Sebagaimana Anda menjalani kehidupan, milikilah iman untuk mengambil tindakan yang perlu, pelajari semua hal sepanjang jalan, gigihlah dengan harapan dan mantap bergerak maju mengarah pada masa depan yang Tuhan berikan. Percayalah bahwa hal itu akan terjadi melalui proses daripada hasil. Secara rutin, amati kemajuan perjalanan dalam mencapai tujuan tersebut dan tetap fokus pada Tuhan serta tuntunan-Nya. Gunakan berkat yang telah Ia berikan secara bijak untuk meraih tujuan-tujuan Anda. Ingatlah bahwa Ia menginginkan Anda sukses.

Jangan biarkan kegagalan menghentikan Anda
Terimalah fakta bahwa kegagalan merupakan bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan. Tetapi, sadari bahwa hal itu juga merupakan suatu pelajaran yang berguna. Pahami bahwa mengalami kegagalan bukan berarti Anda seorang yang gagal; tetapi Anda mencoba sesuatu yang tidak berhasil pada saat tertentu. Perhatikan apa yang salah untuk mengetahui apa yang bisa Anda pelajari dari pengalaman tersebut.

Ingatlah bahwa kegagalan dapat mengajari Anda: untuk bergantung pada Tuhan, menjadi rendah hati, Anda tidak selalu mendapatkan apa yang Anda inginkan, mengkoreksi tindakan, memiliki karakter yang kuat, bertahan dan menyadari bahwa Anda dapat menghadapinya. Setelah gagal, coba lagi dan terus mencoba selama Tuhan menginginkan Anda melakukannya. Ingatlah bahwa Anda mungkin tinggal selangkah lagi menuju kesuksesan.

Biasakan kebiasaan yang sehat
Bangun kebiasaan berikut ini: tetap termotivasi, mendengar, belajar, membaca, mempergunakan waktu secara produktif, melakukan yang terbaik dalam segala sesuatu, berolah raga, cukup tidur, mengkonsumsi makanan bernutrisi, meminum air yang cukup, sering berdoa, membaca Alkitab secara rutin, menjaga diri dapat tetap diandalkan oleh orang lain yang Anda percaya, tetapkan tujuan-tujuan, berikan hadiah pada diri sendiri bila berhasil melakukan sesuatu dengan baik, melaksanakan tugas lebih dari yang diminta dan pikirkan hal-hal yang murni. Carilah penyembuhan untuk membebaskan diri dari kebiasaan negatif. Setelah itu, percayalah bahwa dengan memulai kebiasaan yang baik akan menggantikan kebiasaan buruk dalam hidup Anda.

Kenali Kekuatan Dorongan
Mintalah Tuhan untuk memberikan dorongan – kepastian dan kegigihan – bahwa Anda perlu mencapai tujuan. Saat Anda berhadapan dengan kritik, perhatikan sumbernya. Apabila hal itu muncul dari orang yang bijak dan dapat dipercaya, maka belajarlah dari hal itu. Apabila tidak, jangan biarkan kritik memberati kepastian Anda. Sabarlah mengatasi perjalanan panjang karena impian Anda akhirnya akan menjadi kenaytaan. Minta Tuhan memberikan cara pandang-Nya yang abadi tentang hidup Anda.

Mendefinisikan Ulang Kesuksesan
Pahami bahwa definisi Tuhan tentang kesuksesan berbeda dari pandangan dunia. Kenali bahwa sukses yang sejati adalah membawa diri Anda dalam suatu kehidupan yang lebih besar dari yang Anda miliki dan membawa kemuliaan bagi Tuhan. Sadari bahwa sukses seharusnya tidak perlu menghancurkan hubungan Anda dengan Tuhan, keluarga atau teman-teman Anda.

Minta Tuhan untuk membantu Anda menyeimbangkan hidup, sehingga dapat menempatkan hubungan di tempat pertama saat mengejar tujuan. Jangan biarkan halangan membatasi Anda, bergantunglah kepada kuasa Tuhan yang tak terbatas untuk membantu Anda sepenuhnya. Berusaha untuk mengembangkan karakter yang kuat berdasarkan kebajikan Alkitabiah yang dapat membawa pada kesuksesan yang benar. Jadilah bijaksana, jangan bertoleransi terhadap perilaku yang tidak etis saat Anda mengejar kesuksesan. Lakukan yang terbaik untuk menjadi teladan yang positif bagi orang lain.

Temukan tujuan Anda
Ketahuilah bahwa Tuhan telah menciptakan Anda untuk memenuhi sesuatu yang mengagumkan. Mintalah Dia untuk menyatakan panggilan-Nya terhadap Anda. Setiap hari, pertimbangkan aktivitas apa yang dapat membuat Anda penuh dan sekaligus menjadi berkat bagi orang lain. Jadilah peka mengenai apa yang Tuhan ingin tunjukkan tentang panggilan Anda.

Ketahuilah bahwa Anda bukan dipanggil untuk sekadar mengejar berbagai kesempatan. Bandingkan kesempatan dengan tujuan Anda dan pertimbangkan apakah Tuhan benar-benar menginginkan Anda untuk meraih hal itu. Ambillah langkah apa pun untuk mengejar panggilan Anda dan jangan biarkan terjadi tumpang tindih dalam pekerjaan, sehingga Anda dibayar untuk melakukan apa yang memang tujuan hidup Anda. Jadilah orang yang dapat dipercaya dan setia, sehingga Anda dapat membangun hubungan yang berkemenangan untuk memenuhi tujuan Anda. Berusahalah untuk terus-menerus mempelajari sesuatu yang baru, sepanjang hidup Anda.

Ubahlah dunia
Sadarilah bahwa Anda dapat mengubah dunia menjadi lebih baik, suatu kebaikan dalam suatu waktu. Setiap hari, lakukanlah yang terbaik untuk mengasihi orang lain, jadilah teladan, tersenyum, berbicara kata-kata yang memberi dukungan, nyatakan suatu pandangan yang Alkitabiah dan bantulah orang lain melalui pelayanan Anda. Mintalah Tuhan untuk secara terus menerus menuntun Anda menuju orang yang ingin Ia sentuh dengan kasih-Nya melalui Anda. Bersiaplah terhadap semua kesempatan untuk menunjukkan kasih-Nya kepada sesama.
(rad)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: